Cara Melatih Mental LoveBird Paud dan Memunculkan Sifat Fighter

Diposting pada

Burung LoveBird Paud adalah sebutan bagi burung yang masih anakan/remaja, tentu saja pada usia ini burung lovebird belum bisa diikut sertakan dalam lomba. Namun anda dapat menggantang lovebird paud dalam perlombaan (sebagai anak bawang) guna melatih mental agar mengeluarkan sifat fighter. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar dapat mencari settingan yang pas untuk lovebird sejak usai dini.

Meski bertujuan untuk melatih mental lovebird yang masih balibu dan memancing sifat fighter, namun yang utama adalah bertujuan untuk mencari tahu karakter dan potensi burung tersebut. Untuk itu sangat tidak disarankan untuk terlalu sering melombakan lovebird paud. Alih-alih mengeluarkan sifat fighter, yang terjadi malah sebaliknya lovebird jadi macet bunyi karena kalah mental dengan lovebird dewasa.

lovebird paud mental fighter

Melatih Mental LoveBird Paud Bersifat Fighter

Usia yang ideal untuk mulai melatih Lovebird paud adalah pada usai 3 bulan. Pada usia ini suara ngekek lovebird sudah dapat terdengar jelas meski belum bisa birahi, namun disitulah keuntungannya. Lovebird muda bisa lebih gacor dengan durasi yang lebih panjang, ini karena lovebird muda akan ngekek sesuka hati nya tanpa terpengaruh birahi seperti pada lovebird dewasa.

Mental lovebird muda yang masih lemah dapat dilihat secara kasat mata, seperti

  • Bulu sekitaran leher tidak mengembang atau leher terlihat mengempis.
  • Terlihat gelisah apabila didekati orang atau ditempel burung lain yang sejenis.
  • Intensitas kicau menjadi jarang bahkan tidak berkicau sama sekali.

Bila lovebird muda mengalami ciri-ciri tersebut, ini berarti burung tersebut mengalami masalah mental. Untuk itu diperlukan terapi khusus guna melatih mental lovebird tersebut menjadi lebih kuat.

Terapi Mental LoveBird Paud

Untuk mendapatkan lovebird bermental fighter memang tidak instan, terlebih jika lovebir paud memiliki mental yang cenderung lemah. Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan guna melatih mental lovebird paud dan memunculkan sifat fighternya.

  1. Kenalkan lovebird dengan suasana perlombaan, hal ini dapat dilakukan dengan cara menggantang di pinggir lapangan perlombaan. Cara lainnya ada lah dengan menggantang burung pada tenda peserta yang banyak dilalui orang.
  2. Usahakan pandangan burung bebas dari penghalang, sehingga burung dapat melihat situasi perlombaan dan mulai membiasakan diri.
  3. Dekatkan dengan burung sejenis, akan lebih baik jika dengan sesama lovebir paud (biasanya ada beberapa yang membawa lovebird paud untuk dilatih). Dengan mendekatkan dengan sesama lovebird paud, kemungkinan mental burung tidak drop karena sama-sama masih muda.
  4. Jika ingin mendekatkan dengan lovebird dewasa, resiko lovebird muda mengalami drop mental lebih besar. Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan membuka kerodong setangah bagian. Hal ini bertujuan agar lovebird paud anda tidak langsung berhadapan dengan lovebird dewasa. Selain itu juga memberi kesempatan pada lovebird muda mendengarkan kicauan lovebird dewasa yang sudah memiliki kualitas baik.

Dengan melakukan beberapa latihan seperti diatas, perlahan-lahan mental lovebird akan terbentuk dan mulai berani menunjukan kemampuannya. Jika anda merasa mental lovebird paud anda sudah bagus, tidak ada salahnya mencoba melombakan lovebird tersebut. Setidaknya anda dapat melombakannya dalam arena latber terlebih dahulu.

Cara Mempercepat Keluarnya Sifat Fighter Lovebird Paud

  • Beri pakan dengan kadar protein dan karbohidrat yang seimbang
  • EF diberikan pada usia 1,5 – 3,5 bulan yang terdiri dari 1/4 potong jagung muda dan 1 batang kangkung setiap hari.
  • Untuk memandikan bisa dengan hand sprayer, tetapi lebih bagus diberi keramba mandi khusus pada umbaran agar burung lebih leluasa.
  • Angin-anginkan burung setelah mandi, cukup ditempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung hingga badannya setengah kering.
  • Penjemuran dapat dilakuakan pada jam 8.30 pagi selama 15-20 menit (atau bergantung pada kekuatan nafas lovebird). Penjemuran dapat dilakukan dengan durasi bertahap dari sebentar hingga selama mungkin, guna melatih nafas lovebird menjadi panjang.
  • Penjemuran sebaiknya dilakukan dilantai bukan di gantangan. Tentu saja anda harus memastikan area penjemuran terbebas dari gangguan seperti kucing atau hewan pengganggu lainnya. Ini juga berguna melatih mental agar tidak takut dan berani ngekek dalam setiap lokasi.
  • Pemasteran dapat dilakukan setelah penjemuran sekitar jam 10.00-16.00 sore. Pemasteran dilakukan menggunakan ruangan khusus pemasteran.
  • Ruangan pemasteran yang ideal adalah yang memiliki suasana ramai atau banyak aktivitas lalu-lalang manusia pada lokasi tersebut. Hal ini untuk membiasakan lovebird paud dengan suasana keramaian.
  • Setelah pemasteran pada pukul 16.00, beri kerodong full pada sangkarnya agar burung beristirahat. Kerodong dapat kembali dibukan pada pukul 5.00 pagi untuk pengembunan.

Dengan beberapa latihan dan perawatan tersebut, diharapkan lovebird paud memiliki mental yang kuat serta memiliki sifat fighter. Selain itu anda juga dapat mempelajari ngekek lovebird tersebut guna mencari setingan yang pas, terutama saat lovebir ngekek panjang.

Incoming search terms:

  • burung murah suara br variasi
  • jenis burung ber suara banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *