Cara Memilih Branjangan Bakalan Yang Baik

Diposting pada

Banyak teman-teman kicau mania yang masih bertanya, bagaimana cara memilih Branjangan bahan yang Baik?. Disini saya sedikit berbagi bagaimana memilih Branjangan yang bagus. Namun sebelumnya kita sepakat bahwa kunci dalam memelihara burung adalah ketelatenan dan konsisten.  Meskipun hal lain juga harus tetap diperhatikan seperti bahan, perawatan, pola pakan dll.

Dalam dunia burung kicau, ada istilah katuranggan. Katuranggan adalah tampilan fisik seekor burung yang dapat terlihat langsung dan diyakini mempengaruhi kualitas burung tersebut. Walau sedikit tidak masuk akal bahwa bentuk dapat mempengaruhi kualitas burung, namun banyak para pehobi menyakini hal tersebut dari pengalaman mereka pribadi.

Tentu saja katuranggan bukan satu-satunya patokan dalam menentukan kualitas, terutama pada Branjangan. Katuranggan hanya berlaku 30% saja, sedangkan sisanya bergantung dari perawatan Branjangan tersebut.

burung branjangan bahan

Pemilihan Branjangan Bahan Yang Baik

Dalam pemilihan Branjangan bahan, biasanya para pehobi lebih cenderung memilih Branjangan berjenis kelamin jantan dari pada yang betina. Selain itu perlu juga dilihat dari mental Branjangan tersebut, barulah melihat tampilan fisik seperti mata, paruh, ekor dll.

Branjangan Memiliki Mental Baik

Dalam pemilihan Branjangan yang baik hendaknya memperhatikan mental dari bahan tersebut. Branjangan bermental baik biasanya ditandai dengan gerakan yang tenang dan mapan. Kita bisa mengamati bahwa pergerakan burung wajar-wajar saja, seperti lari-lari dan loncat-loncat kecil. Hal tersebut masih dapat di maklumi, mengingat burung tersebut adalah burung yang baru ditangkap dari alam liar atau bahan.

Baca juga : Menyiapkan Branjangan Untuk Kontes

Memiliki Fisik Yang Baik

Seperti yang sudah dibahas tentang katuranggan, tampilan fisik juga perlu diperhatikan dalam pemilihan Branjangan bahan. Fisik yang baik dapat dilihat dari Mata, Paruh, Kepala, Ekor, Kaki dan Posisi berdirinya.

Mata

Perhatikan matanya, pilihlah Branjangan dengan mata bulat, besar dan melotot. Pastikan matanya bersih dan terlihat bersinar, biasanya Branjangan seperti ini memiliki mental yang bagus.

Paruh

Burung Branjangan dapat dikelompokan dalam 3 kelompok berdasarkan bentuk paruhnya

  1. Paruh besar tebal dan panjang, paruh bagian atas sedikit melengkung dan paruh bawah lurus. Branjangan dengan bentuk paruh seperti ini biasanya memiliki suara kicauan yang lebih keras dibanding biasanya. Memiliki kombinasi pembawaan ngerol dan nembak yang baik dan jelas.
  2. Paruh besar tebal dan pendek, sekilas mirip paruh burung Gelatik. Branjangan dengan bentuk paruh seperti ini biasanya memiliki volume ngerol yang luar biasa.
  3. Paruh panjang dan tipis. Bentuk paruh seperti cenderung lebih mudah dan cepat bunyi dibandingkan kedua jenis sebelumnya. Pembawaannya biasanya ngerol nembak dan kristal dengan volume yang standar. Bentuk paruh seperti ini cocok untuk yang baru-baru mencoba memelihara Branjangan agar tidak bosan karena Branjangan tidak berbunyi.

Selain ketiga bentukan paruh tersebut, yang perlu anda perhatikan adalah lubang hidungnya. Carilah Branjangan yang memiliki lubang hidung kecil seperti Kenari. Biasanya Branjangan dengan lubang hidung kecil lebih mampu berkicau panjang dan bersuara kristal.

Kepala

Pilihlah Branjangan bahan yang memiliki kepala besar dengan pangkal paruh yang lebar, yang sekilas kepala terlihat kotak. Umumnya burung dengan ukuran kepala yang besar cenderung lebih cerdas dan lebih cepat dalam meniru masteran.

Ekor

Pilih yang memiliki ekor panjang dan serasi dengan bentuk kaki, badan maupun leher. Bentuk ekor rapi dan menggumpal menjadi satu (tidak ngipas). Burung dengan ekor yang menggumpal biasanya bermental bagus dan tidak gampang kagetan.

Kaki

Branjangan yang baik biasanya memiliki bentuk kaki yang jenjang dan kering. Selain enak dipandang, umumnya burung Branjangan dengan bentukan kaki seperti ini lebih mudah jadi.

Postur Tubuh

Pilihlah Branjangan yang memiliki ukuran tubuh tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Memiliki bentuk yag atletis, dada bidang dan tegap. Usahakan memilih Branjangan yang jika berdiri menyerupai huruf S, Branjangan seperti ini biasanya bermental bagus.

Incoming search terms:

  • burung branjangan
  • cara memilih burung branjangan yg bagus
  • paruh branjangan betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *