Cara Merawat Burung Jalak Nias Agar Gacor

Diposting pada

Cara Melatih Jalak Nias – Suara yang merdu membuat jalak nias menjadi incaran para kicau mania. Meski dulu populasinya sangat besar di Indonesia, namun jenis jalak yang satu ini sekarang sudah mulai langka di alam liar. Pemburuan yang massif menjadi salah satu faktor yang menyebabkan jumlah jalak nias menurun drastis.

Meski dinamakan jalak nias, nyatanya burung ini tidaklah berasal dari pulau Nias. Burung ini tersebar hampir di seluruh Asia Tenggara hingga Afrika. Habitat aslinya berada di ketingian 3000 mdpl. Jalak nias mulai banyak dipelihara di berbagai negara luar Asia, misalnya Canada, Africa Selatan, Selandia Baru, Hawaii, Australia dsb.

cara merawat jalak nias

Ciri – Ciri Burung Jalak Nias

Secara umum ciri fisik jalak nias dapat terlihat dari bandan yang mempunyai warna dominan coklat tua hampir semua badan. Sedangkan bulu kepala berwarna hitam dan bagian belakang memiliki bulu berwarna warna putih. Pada bagian paruh dan kaki memiliki warna kuning. Ukurun tubuh jalak nias tidak jauh berbeda dengan ukuran tubuh jalak suren.

Untuk suara, jalak nias jantan gacornya lebih lantang dengan kicauan yang variatif. Sedangkan jalak nias betina gacornya cenderung lebih lebih halus dan monoton. Sedangkan pada fisik jantan dan betina terdapat beberapa perbedaan antara jalak nias jantan dan betina.

Ciri Fisik Jalak Nias Jantan

  • Kepala terlihat agak pipih berbentuk persegi dan terdapat sedikit jambul.
  • Suara lebih bervariasi dibandingkan jenis betina.
  • Saat berkicau akan mengangguk-anggukan kepala dan jambulnya terlihat agak mengembang.
  • Warna bulu di seluruh tubuh terlihat lebih mengkilap.

Ciri Fisik Jalak Nias Betina

  • Bentuk kepala cenderung lonjong membundar.
  • Suara kicau cenderung monoton atau tanpa banyak variasi.
  • Pada umumnya jarang mengangguk-anggukan kepala dan jambul tidak mengembang.
  • Memiliki buluh tubuh yang cenderung terlihat agak kusam.

Perbedaan Jalak Nias dan Jalak Kebo

Banyak yang masih menyamakan kedua jenis jalak ini, walau sekilas memang terlihat sama. Namun anda perlu ketahui bahwa jalak nias dan jalak kebo memiliki beberapa perbedaan dari bentukan fisiknya. Dari segi warna misalnya, jalak nias memiliki warna putih bercampur hitam pada lingkaran sekitar matanya. Sedangkan dari postur tubuh, jalak kebo terlihat lebih gagah dengan tampilan yang padat dan bulu yang lebih mulus.

Bentuk paruh kedua jenis burung ini juga berbeda, jika jalak nias memiliki paruh yang agak bengkok kebawah sedangkang jalak kebo paruhnya lebih lurus dengan warna kuning terang. Namun kedua jalak ini memiliki tingkat kecerdasan yang sama. Gacor atau tidaknya bergantung dari bagaimana cara anda melatih kedua burung tersebut.

Baca juga : Cara Melatih Jalak Kebo Agar Gacor

makanan jalak nias

Merawat Burung Jalak Nias Biar Gacor

Memiliki burung jalak nias gacor tentu menjadi keinginan semua kicau mania. Tentunya untuk dapat menjadikan burung kicauan yang gacor tidak dapat dilakukan tanpa perawatan dan latihan yang tepat.  Berbicara masalah perawatan, tentu tidak terlepas dari perawatan harian, pakan maupun vitamin untuk si jalak nias ini.

Perawatan Harian Jalak Nias

  • Jam 05.30 – Lakukan pengembunan dengan menggantang jalak nias pada area yang terbuka dan mendapat udara segar.
  • Jam 06.30 – Mandikan burung dengan menggunakan spray atau dengan kendang keramba dan bersihkan kandang dari kotoran pada alas sangkar. Jalak nias termasuk burung yang rakus, jadi kotoran yang di hasilkan cukup banyak setiap harinya.
  • Jam 07.00 – Letakkan pakan berupa voer pada cepuk dan ganti buah dengan yang masih segar. Selain itu berikan 3-4 ekor jangkrik lalu angin-anginkan ditempat teduh selama 30 menit.
  • Jam 07.30 – Pindahkan gantangan ketempat yang terkena sinar matahari untuk dijemur. Selama proses penjemuran, biarkan jalak nias melihat burung lain namun dengan jarak sekitar 5 meter (jangan terlalu dekat).
  • Jam 09.00 – Pindahkan gantangan kembali ke tempat teduh untuk di angin-anginkan selama 30 menit.
  • Jam 09.30 – Pasang kerogong sangkar dan letakkan didalam ruangan agar jalak nias beristirahat.
  • Jam 15.00 – Burung kembali digantang pada area terbuka dan berikan jangkrik sebanyak 4-5 ekor.
  • Jam 17.00 – Kerodong sangkar kembali dipasang dan letakkan sangkar didalam ruangan untuk beristirahat. Dalam kondisi ini jalak nias dapat diperdengarkan dengan suara masteran agar lebih cepat gacor.

Makanan Jalak Nias Biar Bunyi

Pisang Kepok

Pisang kepok merupakan makanan favorit jalak nias, terutama pisang yang sudah matang dengan daging buah berawrna putih. Pemberian buah pisang secara rutin pada burung jalak dapat menjadikannya lebih aktif, cerdas, dan rajin bunyi. Namun tak jarang dalam penyimpannya sering ditemukan buah yang terlalu matang dan cepat busuk sehingga tidak baik diberikan sebagai pakan burung jalak.

Jangkrik dan Kroto

Jangkrik dan kroto dapat menjadi asupan protein hewani bagi jalak nias. Kedua serangga ini dapat membantu dalam meningkatkan stamina serta memperkuat mental jalak nias. Pemberian jangkrik atau kroto dapat dilakukan pada saat pagi dan sore hari sebanyak 4-5 ekor. Pemberian jangkrik terlebih dahulu dibersihkan dengan cara dibuang sayap dan kakinya.

Voer

Untuk jalak nias, voer yang diberikan adalah voer dengan kadar protein 12 – 18 % serta memiliki kandungan nutrisi lain seperti lemak, karbohidrat, energi metabolis, serat kasar, vitamin, dan imineral. Semua nutrisi ini diperlukan untuk menjaga kondisi dan membuat burung tetap aktif. Usahakan jangan terlalu sering gonta-ganti merk voer, kebiasaan ini hanya akan membuat warna bulu menjadi kusam dan cepat rontok.

Cara  Melatih Burung Jalak Nias

Perlu anda ketahui bahwa jalak nias juga dapat dilatih berbicara layaknya jalak kebo dan burung beo. Tentunya dengan melakukan latihan yang masuk akal, bukan dengan mengikuti mitos tentang burung jalak yang banyak beredar di masyarakat.

Memandikan burung

Memandikan burung setiap pagi merupakan rutinitas yang harus dilakukan. Banyak cara untuk memandikan burung salah satunya dengan cara menyemprot burung dengan cairan kispray atau juga memberikan bak mandi kecil ke dalam kandang burung. Waktu yang ideal untuk memandikan burung antara jam 7-8 pagi.

Burung di jemur

Setelah burung dimandikan, selanjutnya burung di jemur di tempat yang terkena matahari secara langsung, hal ini selain untuk mengeringkan bulu burung juga memberikan vitamin D yang terdapat di dalam sinar matahari.

Pemberian pakan

Setelah cukup burung dijemur selanjutnya burung di angin anginkan diteras rumah,saat burung di anginkan berikan burung pakan berupa voer burung dan buah buahan. Dan untuk menamabajhkan nutrisi pada burung beri burung beberapa ekor jangkrik dan kroto.

Pemasteran

Proses pemasteran dilakukan agar burung mempeunyai jenis kicauan, pemasteran ini bisa di lakukan dengan cara mendekatkan burung lain yang sudah gacor dan pada pemasteran dilakukan sebaiknya kandang burung ditutupi dengan kain.

Incoming search terms:

  • kelebihan dan kekurangan jalak nias
  • apakah jalak nias bersuara merdu
  • Kelebihan dan kekurangan jalak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *