Tips Jitu Dalam Merawat Burung Madu Bakau

Burung madu bakau merupakan salah satu burung kicau yang cukup populer dan digemari para kicau mani di Indoesia. Di Indonesia burung ini juga sering disebut burung kolibri ninja. Burung ini memiliki fisik / tubuh yang cukup keil, namun demikian, walaupun memiliki tubuh yang kecil namun burung ini memiliki suara kicauan yang merdu serta memiliki bulu warna hitam mengkilap. Di habitat aslinya burung ini sering mencari serangga kecil atau mengisap nektar sebagai pakannya.

burung madu bakau

Jika dilihat dari kebiasaan makan burung ini di habitat aslinya, burung berwarna hitam ini tidak bisa terlepas dari serangga kecil dan nektar. Nah hal ini lah yang menyebabkan burung ini cukup sulit untuk dipelihara di rumah atau di dalam sangkar. Namun bagi anda yang ingin memelihara burung ini anda tidak usah khawatir karena tidak bisa merawatnya. Berikut ini akan kami berikan beberapa tips cara merawat harian burung madu bakau.

Cara Merawat Burung Madu Bakau

  • Setiap jam 07.00 burung di angin anginkan di teras rumah selama 30 menit
  • Setelah di angin-anginkan kemudian burung dimandikan
  • Saat burung dimandikan, bersihkan sangkar dan wadah pakan / minum. Lalu masukan 1 sendok teh kroto ke dalam wadah. Dan yang perlu anda perhatikan kroto harus dalam keadaan segar dan jangan lupa isi wadah minum dengan larutan gula.
  • Selanjutnya burung di angin anginkan kembali sampai kering
  • Jika bulu sudah kering, burung dijemur selama 60 – 90 menit setiap harinya. Usahakan penjemuran jangan lebih dari pukul 09.30
  • Setelah cukup dijemur burung ditaruh di tempat yang sejuk sampai sore hari
  • Pada malam hari, burung dibiasakan full kerodon agar bisa beristirahat dengan tenang dan tanpa gangguan.

Cukup mudah bukan tips merawat burung madu bakau? ya jika di lihat cara perawatannya, perawatan yang diberikan untuk burung ini hampir sama dengan perawatan pada burung branjangan. Mungkin hanya itu saja yang bisa kami berikan untuk anda semua. Nantikan informasi lainnya dikesempatan yang akan datang. Salam kicau mania.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*

*