Cara Merawat Cendet Stress dan Giras

Diposting pada

Burung Cendet yang sedang stress harus segara mendapat perwatan yang tepat untuk kembali stabil dan dapat berkicau kembali. Perawatan cendet yang sedang stress salto tentu saja tidak diinginkan kicau mania, bisa-bisa kicau mania pun ikutan stress melihat tingkah pola Cendet kesayangannya.

cendet stress salto

Penyebab Cendet Stress Salto

Sebelum kita menangani Cendet yang sedang stress, ada baiknya kita cari tahu dulu apa penyebab Cendet menjadi stress. Ada banyak penyebab yang membuat Cendet menjadi stress, salto dsb. Cendet yang stress cenderung tidak memperdulikan sekitarnya, bahkan tak jarang justru melukai dirinya sendiri. Nah beberapa penyebab cendet stress adalah sebagai berikut :

  • Cendet masih beradaptasi dengan lingkungan barunya
  • Salah dalam perawatan
  • Stress akibat terlalu lama dalam perjalanan
  • Kalah bertarung dengan Cendet lain
  • Sangkarnya terjatuh
  • Takut akan sesuatu
  • Pola makan yang berubah
  • Stress karena kerodong, dll.

Setelah mengetahui apa penyebab Cendet menjadi stress, maka kita dapat melakukan penangan yang tepat untuk menenangkan Cendet tersebut.

Baca Juga : Cara Melatih Mental Cendet

Cara Merawat Cendet Stress

  • Stress akibat lingkungan baru – Sebaiknya Cendet diberi kerodong dengan bahan yang tipis dan tidak terlalu gelap. Jangan beri kerodong tebal, karena berpotensi membuat Cendet makin stress. Biarkan Cendet beradaptasi dengan lingkungan barunya dan beri pakan dan EF yang cukup untuk mengembalikan mental Cendet tersebut.
  • Stress akibat salah perawatan – Pola perawatan seperti memandikan atau settingan pakan yang tidak benar juga memicu Cendet menjadi stress. Jika anda baru membeli Cendet dari seseorang, ada baiknya anda menanyakan pola perwatan harian yang biasa dia lakukan. Lakukan perawatan seperti pada pemilik lama sambil sesekali diajari dengan pola perawatan yang kita miliki.
  • Stress akibat kalah bertarung – Pada kasus ini, maka Cendet perlu “diasingkan” dari burung sejenis, bila perlu beri kerodong pada sangkarnya. Selain itu juga perlu pemberian EF dengan porsi yang lebih banyak. Hal ini berguna dalam membantu pemulihan mental Cendet kembali seperti semula.
  • Stress akibat sangkar jatuh – Bisa dikatakan penyebab ini adalah salah satu yang cukup sulit ditangani. Stress akibat sangkar jatuh memerlukan waktu yang lebih lama untuk dipulihkan kembali. Sebaiknya kombinasikan berbagai cara seperti dikarantina, memberi untulan, perbanyak porsi EF dan mandi seminggu sekali. Namun yang utama adalah jangan biarkan Cendet melihat atau mendengan Cencet lain yang sudah gacor, ini akan membuat mental cendet kembali drop.

Menangani Cendet yang stress memerlukan perawatan yang khusus. Lakukan pengembunan dan penjemuran di tempat yang tidak berisik. Sesekali lakukan terapi mandi malam bila diperlukan, hal ini juga membantu dalam mengatasi Cendet yang stress.

Cendet yang stress tingkahnya cenderung giras apabila didekati, untuk itu perlu dilakukan penjinakan agar Cendet kembali normal. Beberapa pehobi juga melakukan terapi lapar pada Cendet, dengan cara membuat cendet lapat dan memberi makan langsung menggunakan tangan. Hal ini untuk mengenalkan Cendet pada tuannya dan tidak menganggap itu sebuah ancaman baginya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *