Keistimewaan Burung Jalak Bali yang Terancam Punah

Diposting pada

Jalak Bali, mungkin jenis burung ini sudah sering didengar atau mungkin sering anda lihat. Burung kicauan ini cukup menjadi primadona bagi para kicau mania, selain suaranya yang merdu jalak bali juga memiliki banyak keisitimewaan lainnya. Jalak Bali merupakan salah satu spesies burung cantik endemis Indonesia. Burung dengan nama ilmiah Leucopsar rostchildi ini hanya dapat ditemukan sebarannya di sekitar Bali.

Di daerah asalnya burung ini dikenal dengan Curik ketimbang Jalak. Seperti kebanyakan burung jalak yang lainnya burung jalak bali juga memiliki ciri khas yaitu pada ujung ekor dan sayapnya memiliki warna hitam,serta memiliki warna biru cerah pada kakinya. Antara burung jalak bali jantan dan betina motifnya hampir sama, jadi lumayan susah untuk membedakan antara jantan dan betina.

Jalak Bali Terancam Punah

Habitat Burung jalak bali bisa kita temukan hanya di hutan bagian barat Pulau Bali,hal ini lah yang menyebabkan burung kicau ini dinamakan burung jalak bali ya karena memang burung ini hanya ditemukan di daerah bali saja. Dan dibandingkan dengan burung jalak lainnya burung bali memiliki keistimewaan tersendiri, terbukti pada tahun 1991 burung ini dinobatkan sebagai ambang fauna Provinsi Bali dan keberadaannya di lindungi oleh undang undang.

Sebagai hewan yang statusnya dilindungi, Jalak Bali memang dilarang untuk diperdagangkan kecuali burung yang dihasilkan dari penangkaran generasi ketiga. Jadi, Anda pun masih bisa memelihara burung ini, asalkan memperolehnya melalui cara-cara yang legal.

burung jalak bali

Ciri Ciri Burung Jalak Bali

Untuk mengenal lebih jauh jenis Jalak asli indonesia ini, ada beberapa ciri-ciri yang dapat anda ketahui sebagai berikut :

Bulu Jalak Bali

Bulu jalak bali memiliki warna yang indah, ciri ini dapat lansung anda ketahui ketika melihatnya. Bulu jalak bali memiliki warna putih bersih dan terlihat berkilau. Warna putih ini mendominasi hampir seluruh bagian tubuhnya, kecuali pada ujung sayap dan ekot yang memiliki warna hitam.

Warna Mata

Selanjutnya anda dapat melihat warna pada mata jalak bali berwarna coklat tua. Selain itu anda juga dapat mengenali ciri-cir matanya yang khas dibanding jenis jalak lainnya. Pada daerah sekitar mata ini terlihat tidak memiliki bulu namun memiliki warna biru tua yang terlihat kontras dengan warna bulunya yang putih.

Memiliki Jambul

Pada bagian kepala jalak bali, terdapat bulu yang memanjang dibanding bulu lainnya yang terlihat menyerupai jambul. Bulu jambul ini dimiliki baik oleh jalak bali jantan maupun jalak bali betina, meskipun pada betina jambul ini tidak begitu terlihat jelas. Selain itu, jambul ini juga akan semakin terlihat berdiri tegak ketika burung jalak bali berkicau.

Bentuk Kaki

Jalak bali memiliki kaki yang terlihat kekar dengan 4 jari yang mencengkram kokoh. Warna kaki jalak bali adalah abu-abu dengan sedikit kebiruan.

Bentuk Paruh

Paruh jalak bali berbentuk meruncing dengan panjang 5 cm dengan bentuk sedikit melengkung. Pada bagian atas paruh terdapat bagian yang meninggi dan memipih secara tegak. Paruhnya berwarna abu-abu kehitaman dengan ujung  berwarna kecokelatan.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Jalak Bali

  1. Jika Jalak Bali yang masih kecil atau anakan (kurang dari 1 bulan), jenis kelaminnya masih cukp sulit untuk dibedakan. Cara membedakan jenis kelaminnya adalah dengan memperhatikan suara dan tingkah lakunya ketika diloloh. Anakan Jalak Bali jantan biasannya lebih rakus dan agresif ketika diloloh, selain itu suara anakan jantan juga lebih keras dibanding betina.
  2. Jika sudah berumur diatas 1 bulan, jenis kelamin jalak bali dapat dilihat dari postur tubuhnya. Anakan Jalak Bali jantan cenderung tumbuh lebih cepat dan memiliki ukuran yang lebih besar dibanding betina. Perbedaan ukuran tubuh ini karena anakan jantan yang lebih rakus dan makan lebih banyak dari betina, bahkan pada usia ini anakan jantan terlihat lebih dominan dengan sering mengusir dan mematuki betina.
  3. Jalak Bali yang sudah mulai dewasa dapat dibedakan jantan dan betinanya dengan cara melihat jambul yang tumbuh dikepalanya. Secara genetik, jambul pada Jalak Bali jantan akan tumbuh lebih panjang daripada jambul betina. Bahkan terkadang jambul ini benar-benar tidak terlihat pada betinanya.
  4. Pada Jalak Bali dewasa juga bisa dibedakan jenis kelaminnya dengan melihat bentuk kakinya. Umumnya kaki Jalak Bali jantan akan terlihat lebih besar dengan jari kaki yang lebih panjang dibadingkan milik betina.
  5. Suara kicauan antara Jalak Bali jantan dan betina juga memiliki perbedaan. Pada jantan, suara kicauan akan terdengar lebih lantang dan bervariasi. Selain itu jambul akan berdiri semakin tegak ketika Jalak Bali jantan berkicau.

Pakan Jalak Bali

Habitat alami Jalak Bali di alam liar adalah hutan dan semak belukar. Pada habitat aslinya, pakan alami burung ini adalah serangga, cacing dan jangkrik. Selain itu Jalak bali juga dikatehu suka memakan beberapa tumbuhan seperti juwet, jambu dan pisang.

Namun burung Jalak Bali peliharaan, dimana pakan bergantung dari pemiliknya. Untuk pakan burung Jalak Bali bisa dikategorikan dalam 3 kelompok yaitu :

Jenis Pakan Jalak Bali

1. Pakan Alami

Pakan ini berarti pakan yang memang tersedia secara alami yaitu berbagai jenis makanan yang bisa diperoleh dari alam liar. Jenis pakan ini bisa berupa serangga seperti ulat, cacing, jangkrik atau bisa juga berupa biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.

2. Pakan Buatan

Pakan buatan adalah pakan yang dibuat dari bebrabagai bahan, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi burung. Pakan buatan ini biasanya memiliki kadar nutrisi dan vitamin yang berbeda-beda tergantung dari produsen pembuatnya. Jenis pakan buatan yang umum tersedia dipasaran biasanya berbentuk pelet atau voer.

3. Pakan Pelengkap

Sedangkan pakan pelengkap adalah pakan yang diberikan untuk melengkapi kekurangan gizi makanan lain, terutama dalam hal kandungan vitamin dan mineral. Contoh pakan pelengkap, yaitu tepung ikan, tepung tulang dan tepung daging.

Cara Pemberian Pakan Jalak Bali

Untuk pakan harian, anda dapat membuat sendiri pakan dari bahan alami maupun pakan buatan.Pakan yang diberikan pada jalak terdiri dari campuran pepaya, pisang dan kroto, makanan ayam berupa pellet butirandan ulat gandum. Sebelum diberikan, pepaya dan pisang sudah terlebih dahulu dibersihkan kulitnya dan dipotong kecil-kecil (sekitar 0,5 cm). potongan buah tersebut nantinya dapat dicampur dengan kroto.

Untuk takaran pemberian pakan, sepasang Jalak Bali dapat diberikan campuran buah dan kroto sekitar 150 g per hari. Untuk pemberian ulat gandum dapat diberikan sekitar 40-50 ekor per hari dan pelet hanya diberikan secukupnya saja. Selain pakan utama tersebut, Jalak Bali sebaiknya juga diberi multi-vitamin khusus burung kicauan. Multi-vitamin ini biasanya diberikan dengan cara dicampur dengan air minum dan diberikan setiap dua minggu sekali.

Pakan Untuk Indukan Jalak Bali

Beberapa penangkar Jalak Bali memberikan kriteria tersendiri untuk pemberian pakan bagi para indukan. Jenis pakan ini biasa bergantu dari fase perkembangan dari indukan tersebut, seperti :

Pakan Saat Birahi atau Siap Kawin; Menu utama jalak bali saat fase ini adalah pepaya atau pisang, tetapi makanan buatan pabrik pun tetap diberikan. Sebaiknya makanan hewani lebih banyak diberikan karena makanan hewani yang mengandung protein tinggi dapat memacu birahi jalak bali.

Pakan Indukan Mengeram; Pada fase ini makanan pokok tetap diberikan, tetapi makanan berupa hewan dikurangi. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi birahi pada jantan yang biasanya mengakibatkan pembuangan telur atau anakan sebelum saatnya diambil.

Pakan Saat Penetasan; Pada fase ini makanan pokok maupun makanan hewan sebaiknya tidak terlambat diberikan. Hal tersebut dapat beakibat fatal karena dapat mengakibatkan pembuakan anakan.

2 thoughts on “Keistimewaan Burung Jalak Bali yang Terancam Punah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *